art fusion of colors

Cara Meriset Keyword Dengan Semrush

Cara Meriset Keyword Dengan Semrush

Apa itu riset keyword?
Riset keyword merupakan salah satu bagian terpenting dalam membuat sebuah blog atau pula website yang anda miliki dan boleh anda lewati. Terdapat beberapa metode yang
dipakai para publisher dalam melakukan riset kata kunci ini membutuhkan pikiran dan waktu yang tak singkat tetapi apabila kita telah sering melakukan hal ini berulang – ulang makan bakal menemukan metode ampuh dalam membuat web ataupun blog.

Apa tujuan dari riset keyword ?
Yang jelas, tujuan utama dari riset keyword ini ialah memperoleh kata kunci yang nantinya bakal kita gunakan untuk mengupdate blog tersebut, sebab sebuah website/blog yang baik ialah yang sering diupdate. Contohnya pada saat anda ingin membuat website dengan tema tentang komputer anda memerlukan kata kunci lain yang dipakai  buat melakukan update artikelnya contohnya:

·        Harga Komputer terbaru

·         Harga Komputer bekas

·         Spesifikasi Komputer Acer dll sebagainya
Judul – judul inilah yang disebut juga dengan kata kunci atau disebut juga keyword. Karena itulah saya akan merangkum beberapa cara riset keyword yang biasa dilakukan oleh para webmaster baik menggunakan tool gratisan atau pula tool premium. Bila anda bertanya -tanya cara riset keyword paling jitu maka ada baiknya anda harus mencobanya sendiri kemudian mengaplikasikan ke dalam website/blog yang anda miliki saat ini. Lalu bagaimana cara riset keyword yang paling ampuh dan terbukti jitu?
Cara Meriset keyword dengan semrush
Semrush merupakan salah satu tool premium yang sudah amat populer dikalangan para webmaster buat melakukan riset keyword, apa kelebihan Semrush?
Kelebihan Semrush ialah mampu memberikan informasi terupdate akan kata kunci secara real time. Informasi mengenai CPC, Trend pencarian, Cek persaingan kata kunci , cek backlink dan masih banyak lagi. Hebat bukan?.
Meskipun begitu, namun Semrush adalah tool berbayar yang relatif mahal harganya, dimana daftar harganya bisa dilihat di daftar harga semrush, namun anda dapat mencobanya dengan cara rigister langsung dan bila akun anda telah aktif anda dapat login kembali, sebab ini free akun, jadinya untuk fitur – fiturnya juga dibatasi namun tak mengapa kita tetap dapat mencobanya. Perlu anda ketahui , semrush tak dapat digunakan untuk riset keyword bahasa indonesia sementara masih dapat digunakan bagi negara luar.
Silakan anda kunjungi situs Semrush.
Bila anda sudah memiliki akun Semrush maka anda bisa langsung login ke situsnya. Tampiulannya akan seperti berikut ini, kita ambil sampel kita akan melakukan riset dengan kata kuci “Table”.


 Cara Meriset Keyword Dengan Semrush

Berikut penjelasannya:
     Disini merupakan kolom untuk memasukkan kata kunci yang bakal kita riset, kita ambil contoh disini kita akan meriset tentang “table”, disamping kolom ialah simbol negara US artinya target riset kita ialah di negara Amerika bila anda ingin merubahnya sesuai negara yang anda inginkan tinggal dipilih saja, dan hasilnya seperti gambar diatas.
   Dibagian ini merupakan tempat trend suatu keyword di tampilkan dan pasti akurat sebab hampir setiap hari diupdate, bila kita lihat dari gambar diatas untuk trend kata kunci “table” cukup bagus dan stabil dimana artinya bakal selalu ada pencariannya
  Nah yang ini ialah informasi mengenai jumlah pencarian dalam 1 bulan, dari contioh diatas   kata kunci table mempunyai pencarian sekitar 49.000 setiap bulannya dengan target market amerika, sedang dibawahnya terdapat “number of result” adalah hasil pencarian di halaman google yang lebih dari 2 miliar. WOW?
Dibagian bawahnya lagi terdapat menu CPC atau cost per click yang artinya nilai yang muncul di kata itu kurang lebih $1.32 biasanya semakin tinggi CPC maka bakal semakin besar juga pemasuka yang bisa kita dapatkan bila bermain di niche tersebut namun semakin tinggi cpc maka jumlah persaingan juga semakin tinggi.
Dibawahnya lagi terdapat competition kompetisi disini ialah kompetisi pengiklan atau advertiser dimana semakin tinggi nilainya maka jumlah pengiklan bakal semakin banyak, dan iklan yang bakal tayang bisa samakin relevan dan sudah pasti meningkatkan CTR web yang kita punya.

4.       CPC distribution disini merupakan pembagian kata kunci sesuai letak geografis, sebab SEMRUSH disini update secara Realtime, sehingga pada saat saya ambil sampel ini pembagian tertinggiya ada di NO (Norwegia) US menempati urutan ke 2.
5.       Kolom ini merupakan pilihan fungsi – fungsi dari semrush selain juga buat meriset kata kunci kita pun bisa menganalisa backlink juga.
6.       Nah, gambar yang ada di blog warna hijau ini sebab kita memakai akun free, dan perintah untuk update saja, sebab free maka banyak pula hasil pencarian yang dibatasi, namanya juga gratis...hehehe
Dan silakan lanjutkan kebagian bawah ini tampilannya seperti berikut:

 Cara Meriset Keyword Dengan Semrush


7.       Dibagian ini ialah informasi tentang kata kunci yang lebih spesifik jadi dari kata kunci table turunannya adalah sekitaran 70 rb kata kunci dan nantinya diurutkan berdasarkan jumlah volume , contohnya saja dari gambar divolume atas kunci “periodic table” mempunyai volume pencarian 1.5 jt setiap bulannya dan dengan nilai CPC mencapai $0.49 semakin kebawah semakin menurun, untuk selanjutnya klik view full report buat melihat hasilnya dan kata kunci lainnya. 

8.    Nah ini merupakan kata kunci yang dianggap masih berkaitan dengan kata kunci utama, namun pada umumnya yang dipakai ialah Phrase keyword atau yang terletak di no. 7


 Cara Meriset Keyword Dengan Semrush

Sesudah di klik view report tampilannya bakal seperti gambar diatas, ini merupakan seluruh turunan dari kata kunci table itu, buat memilih kembali dapat menggunakan fitur filter kata kunci, di klik kata kunci dan bakal muncul seperti berikut ini.

 Cara Meriset Keyword Dengan Semrush


 Dimulai dari yang paling atas ada filter keyword, dapat di masukkan dengan kata kunci utama nantinya yang bakal muncul dari hasil pencarian ialah kata kunci yang cuma mengandung katga kunci utama.
Nah dibawahnya lagi terdapat volume, yakni filter jumlah pencarian yang kita inginkan contohnya anda ingin memilih kata kunci dengan pencarian miimal di atas 100/bulan dan lain – lain.
Dibawahnya lagi ada filter CPC, buat memilih minimal cpc berapa yang kita inginkan. Selanjutnya lagi tedapat Com, ini merupakan kompetisi nilai dari kompetisi ini ialah 0 – 1 semakin tinggi nilainya maka semakin tinggi juga persaingan web/blog didalam kategori tersebut cukup tinggi nilainya.
Dan yang terakhir ialah result, result disini ialah hasil pencarian di Google umumnya semakin kecilnya result bakal semakin kecil juga tingkat persaingan dari sebuah kata kunci.
Bila sudah dilakukan filter tersebut klik search dan haslnya yang tampak keluar untuk mendownload hasil pencarian silakan di klik tombol export di bagian bawah dan anda dapat memilih jenis file nya yang nantinya ingin di save ke CSV atau mungkin EXCEL, sampai sini selesai.
 Cara Meriset Keyword Dengan Semrush
Sekian penjelasan rinci mengenai SEMRUSH dan cara menggunakannya. Semoga bermanfaat.
Jika ada yang ingin ditanyaka silakan komentar di kolom yang sudah disediakan.





Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Meriset Keyword Dengan Semrush