art fusion of colors

Cara Membuat Sitemap Google Untuk Blog Lengkap Optimalisasinya

Cara Membuat Sitemap Google Untuk Blog Lengkap Optimalisasinya 
Catatan: Bagi yang  telah pernah membaca post dari artikel ini, monggo saja langsung meluncur ke bawah untuk melihat update pentingnya.
Sitemap (peta situs) didalam konteks ini bukanlah peta situs di dalam website/blog yang merupakan halaman yang memuat semua link/isi website/blog (daftar isi), melainkan sitemap (peta situs) yg menjadi rujukan bagi search engine dalam melakukan crawling sebuah website/blog. Dengan demikian, proses indeks menjadi lebih cepat dan tidak ada url/halaman yang terlewatkan oleh spiderbot.
Sebelum membuat & mendaftarkan sitemap pada Google, terlebih dahulu lakukan pendaftaran url website/blog ke Google Search Engine.
Cara Membuat Sitemap Google Untuk Blog Lengkap Optimalisasinya 
Selanjutnya ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

1. Buatlah sitemap dengan memodifikasi feed.

Update 6 Februari 2016: oleh karena banyak yang redirect feed ke feedburner, maka akan otomatis feed blog akan mengarah ke feed di feedburner. Oleh sebab itu saya menambahi parameter redirect=false agar tidak terjadi redirect.
http://gradationart.blogspot.co.id/feeds/posts/default?redirect=false&max-results=9999&alt=json-in-script&callback=loadtoc
atau bisa juga jenis feed atom.xml-nya,
http://gradationart.blogspot.co.id/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
Tambahkan bagian yang berwarna merah pada url blog anda dan itulah url sitemapnya.

2. Masuk ke Google Webmaster Tools.
3. Klik url website/blog yg telah terdaftar dan hendak diberikan sitemap.
4. Pada menu konfigurasi/site configuration, pilih sitemaps.
5. Klik submit a sitemap, dan masukkan url sitemap.
6. Langkah berikutnya klik submit sitemap.
7. Selepas disubmit, bakal ditemui laporan yang menjelaskan bahwa pendaftaran sitemap anda telah berhasil. Namun sebelumnya akan ada proses yang ditunjukkan dengan gambar jam. Proses ini relatif, ada yang 1 jam hingga 2 hari. Proses pendaftaran yang berhasil secara keseluruhan akan ditunjukkan dengan tanda centang (check).
8. Selesai
Cara Membuat Sitemap Google Untuk Blog Lengkap Optimalisasinya 
Nah ini, bagian terpentingnya. Guna memaksimalkan (dan sebagai usaha daya upaya ikhtiarnya atau apapun namanya itu) referensi search engine dalam melakukan indeks, daftarkan lebih dari satu sitemap. Jadi, daftarkan dua sitemap diatas sekaligus!

Selamat, kawan!


Cara Membuat Sitemap Google Untuk Blog Lengkap Optimalisasinya 

Karena blogger sudah memiliki sitemap dalam bentuk XML (seperti rujukan di atas), gunakan dua jenis sitemap sekaligus: dari Feed (atom atau rss) dan dalam format murni XML-nya. Atom.xml juga menggunakan ekstensi file xml, tapi berbeda dengan sitemap XML yang asli dalam hal kontennya.

Namun ada satu catatan penting, karena semua isi blog sudah di-cover oleh sitemap XML, maka sitemap dari feed sebaiknya diisi dengan yang baru-baru saja (batasi jumlahnya). Trik yang saya berikan di post lama ini menggunakan parameter-parameter tertentu (berupa query) agar feed bisa ditarik hingga 500 atau 9999 (nilai 9999 digunakan guna menyatakan jika feed yang bakal ditarik tidak terhingga jumlahnya), dan karena sekarang telah mempunyai sitemap XML, maka parameter itu tidak perlu lagi. Default isi feed pada platform Blogger adalah 26 url terbaru (terupdate) dan itu sudah cukup. Ini alasan mengapa feed tidak perlu lagi berisi terlalu banyak url.

Cara Membuat Sitemap Google Untuk Blog Lengkap Optimalisasinya 
Jadi untuk feed: gunakan yang default saja tanpa embel2 di belakangnya.
http://gradationart.blogspot.com/atom.xml
atau,
http://gradationart.blogspot.com/feeds/posts/default

Jika feed (rss atau atomnya) sudah diredirect ke layanan feed (misalnya feedburner), maka gunakan ini:
http://gradationart.blogspot.com/atom.xml?redirect=false
atau,
http://gradationart.blogspot.com/feeds/posts/default?redirect=false
Perlu diingat:  Fitur sitemap.xml cuma dapat digunakan oleh blog berplatform Blogger yang menggunaan domain dari bawaan Blogger (subdomain.blogspot.com). Lalu, untuk yang telah memakai  custom domain, sitemap.xml tidaklah support. Tetap gunakan cara lama seperti trik post yang lama, agar feed berisi semua url blog tanpa kecuali.
Cara Membuat Sitemap Google Untuk Blog Lengkap Optimalisasinya
Ok mungkin itu saja yang dapat saya share pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat buat kita semua.





Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Membuat Sitemap Google Untuk Blog Lengkap Optimalisasinya